Sunday, October 23, 2016

Tentang Aplikasi Skype

Tags

Apa yang dimaksud Skype ?

Skype adalah sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer). Program ini merupakan program bebas (dapat diunduh gratis) dan dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice) berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia. Pengguna Skype dapat berbicara dengan pengguna Skype lainnya dengan gratis, menghubungi telepon tradisional dengan biaya (skypeOut), menerima panggilan dari telepon tradisional (SkypeIn), dan menerima pesan suara.



Siapa yang membuat Skype ?

Niklas Zennström (lahir 16 Februari 1966) adalah seorang pengusaha Swedia.
Pada tahun 2001 Zennström, bersama dgn Janus Friis, salah satu pendiri Kazaa Media Desktop (sekali dikapitalisasi sebagai “KaZaA”, tapi sekarang biasanya ditulis “Kazaa”) yang peer-to-peer file sharing aplikasi. Pada tahun 2002, Zennström dan Friis membuat Skype yang peer-to-peer jaringan telepon Internet. Ia juga merupakan pendiri (lagi dengan Friis) dari Joost, perangkat lunak interaktif untuk mendistribusikan TV dan bentuk-bentuk video melalui web didirikan pada tahun 2006 dan Atomico, sebuah perusahaan modal ventura.

Zennström memiliki gelar ganda di bidang Administrasi Bisnis (BSc) & Teknik Fisika (MSc) dari Universitas Uppsala di Swedia. Dia menghabiskan tahun terakhirnya di University of Michigan, Ann Arbor, Amerika Serikat.

Kapan Skype pertama kali dibuat atau diluncurkan ?

23 April 2003 Nama domain Skype.com dan Skype.net didaftar
29 Agustus 2003 Versi beta publik pertama dikeluarkan
15 Juni 2004 Rilis beta versi 0.98.0.28
27 Juni 2004 Credit SkypeOut dapat dibeli untuk pertama kalinya melalui situs web Skype
27 Juli 2004 Rilis versi 1.0 untuk Windows
20 Oktober 2004 Pertama kalinya 1 juta pengguna Skype online bersamaan
14 Februari 2005 Pertama kalinya 2 juta secara online
10 Maret 2005 SkypeIn Public Beta dimulai
11 Maret 2005 Software telah didownload 84 juta kali dan 5.98 miliar menit bicara
15 April 2005 Didownload lebih dari 100 juta kali
18 Mei 2005 Tiga juta pengguna Skype online bersamaan
12 September 2005 Skype diakusisi situs lelang online, eBay.

Dimana Skype dibuat dan diterapkan ?

Skype bermarkas di Luxembourg, Jerman dengan kantor-kantor di Tallinn, Tartu, Stockholm, London, Palo Alto, Praha, dan Redmond, Washington. Skype juga bisa diterapkan di Android, iOS, Linux, Microsoft Windows, OS X, Windows Phone, BlackBerry OS, PSP, WebOS dan Symbian

Kenapa Skype dibuat ?

Jaan Tallinn – salah seorang dari team Skype mula-mula menjelaskan bahwa saat perencanaannya dulu, Skype dibuat untuk software sharing Wi-Fi. Rencana awalnya adalah menyediakan layanan dimana pengguna bisa sharing bandwidth dengan yang lain. Di software sharing Wi-Fi tersebut bakal disertakan layanan telepon dan TV via internet juga.

Tetapi sayangnya sebuah masalah copyright menyerang team Skype saat itu. Sebenarnya masalahnya bukan terletak pada Skype, tetapi pada Kazaa – P2P sharing network yang dimiliki oleh Tallinn dan temannya. Saat itu Kazaa mengalami masalah pelanggaran hak cipta, sehingga membuat mereka batal memasukkan layanan TV ke layanannya.

Sambil menunggu permasalahan hukum tersebut selesai, team Skype memutuskan untuk menambahkan fitur VoIP yang pada saat itu memang belum ada yang bagus dan sesuai dengan keinginan mereka.

Akhirnya mereka menjalankan project mini Skype tersebut sembari menunggu segala permasalahan hukum yang dialami selesai. Tetapi tanpa disangka-sangka, ternyata project mini yang fiturnya ada karena kebetulan tersandung masalah tersebut malah berhasil melampaui harapan mereka. Skype makin populer dan terus populer hingga saat ini menjadi milik Microsoft dan telah memiliki lebih dari 600 juta pengguna.

Bagaimana cara kerja Skype ?

VoIP berhubungan erat dengan teknologi fantastis lainnya, Internet. Alih-alih mengirimkan sinyal lewat jaringan PSTN, baik berupa analog atau digital, aplikasi VoIP menggunakan SIP (Session Initiation Protocol), -sebuah variasi dari protokol standar-, untuk menciptakan paket data dan mengirimnya lewat jaringan yang sama dengan jaringan yang anda pergunakan untuk email dan surfing.

Dengan menggunakan paket data, sebuah teknologi dapat digunakan untuk membawa lebih dari sekedar suara mono yang dilakukan oleh telepon jaman dulu. VoIP mampu membawa data teks, gambar, live video dan stereo sound berkualitas tinggi, tentunya tergantung dari seberapa besar bandwitdh anda.

Perjalanan si paket data akan dimulai dari sisi pengirim, bisa berupa perangkat keras dengan aplikasi khusus seperti “Skype Phones” dan Cisco VoIP phones hingga ke perangkat lunak yang harus diinstall ke terminal ponsel atau ke komputer. Semua perangkat harus mampu untuk mengirim dan menerima paket data melalui jaringan IPv4. Suara yang akan anda kirimkan akan ditangkap dan transkodekan dari format analog (hasil penangkapan oleh microphone) ke format digital, kemudian disampaikan ke kompresor yang akan meminimalisasi ukuran data sehingga memungkinkan untuk ditransfer melalui jaringan yang memiliki koneksi internet yang lambat.

Proses peminimalisasi audio streaming ini dengan cara dipecah-pecah menjadi bagian yang lebih kecil, masing-masing akan cukup kecil sehingga cukup dimuat dalam satu paket, yang kemudian akan diberikan “cap” layaknya di kantor pos untuk alamat tujuan sehingga paket tersebut tidak kesasar kemana-mana. Paket yang telah diberi alamat tersebut lalu dikirimkan melalui jaringan. Pada saat pe”ngecap”an juga akan diberikan kode nomor paket sehingga dapat direkonstruksi ulang menjadi bagian yang utuh tanpa terbalik.

Penerimaan akhir dari paket data tersebut harus merakit kembali paket-paket kecil tadi menjadi suatu bagian yang utuh, dimana hal ini tidak dilakukan oleh jaringan publik, yang rentan terhadap kepadatan data pada saat “jam-jam sibuk” dimana gangguan latensi dan kehilangan paket data sangat rawan terjadi pada saat pemakaian internet mencapai beban puncak (peak hours). Latency dan packet loss dapat mengakibatkan proses rekontruksi tidak berjalan sempurna, akan terdapat sebuah/beberapa space audio yang kosong pada hasil akhirnya (terputus-putus).

Walaupun dianggap jauh lebih fleksibel dibandingkan komunikasi PSTN tradisional, VoIP juga mendapatkan beberapa kritikan, terutama pada saat mati lampu atau terjadi trip (kondisi dimana tegangan listrik turun untuk sesaat) yang dapat mengakibatkan data menjadi hilang. Keharusan dukungan seperti router wireless yang otomatis membutuhkan daya listrik sebagai sumber energi membuatnya menjadi masalah besar bila sumber daya listrik terputus.

Dalam situasi ideal, di mana sebuah koneksi broadband dan listrik yang tersedia setiap waktu, teknologi VoIP memberikan komunikasi yang sangat murah dan komprehensif, mengeliminasi biaya roaming yang dibebankan oleh operator selular untuk panggilan jarak jauh. Banyak konsumen penyedia layanan VoIP menawarkan panggilan gratis pada klien mereka baik berupa komputer-komputer, ponsel dan skype, maupun terminal lainnya. Mereka juga menawarkan interkoneksi ke jaringan tradisional dengan biaya rendah.


Terima kasih 
Enjoy your day!



EmoticonEmoticon