Wednesday, November 11, 2015

Jaringan Komputer - Line Coding, Block Coding, dan Scrambling

Tags

Pengertian dari Line Coding, Block Coding, dan Scrambling di Jaringan Komputer.

Line Coding
Pada line coding selalu diasumsikan bahwa data yang berupa teks, gambar, suara, video telah tersimpan dalam memori komputer sebagai deretan bit. Line coding akan mengkonversi deretan bit tersebut menjadi sinyal digital untuk ditransmisikan. Pada sisi penerima, harus dilakukan proses sebaliknya yaitu konversi dari sinyal digital menjadi data digital.  
Jaringan Komputer Line Coding
Contoh Line Coding

Block Coding
Pengkodean dengan menggunakan blok secara teknis mengkodekan sebuah blok data dengan panjang p bit menjadi blok data dengan panjang q bit. Pengkodean blok disimbolkan dengan menggunakan tanda ’/’ untuk membedakan dengan pengkodean multilevel. Sebagai contoh pengkodean 4 biner menjadi 5 biner dituliskan dengan simbol 4B/5B. Proses pembentukan pengkodean blok terdiri atas tiga tahap, yaitu:
a. Tahap pemilahan aliran bit data menjadi blok.
b. Tahap substitusi blok data yang telah dibuat menjadi blok data baru dengan ukuran blok lebih besar.
c. Tahap penggabungan blok data baru menjadi aliran bit data.
Jaringan Komputer Block Coding
Konsep Block Coding

Scrambling
Bahwa pengkodean digital AMI mengandung masalah tersendiri apabila terdapat level tegangan nol berderet panjang. Kelemahan tersebut dapat diperbaiki dengan menggunakan teknik pengkodean scrambling. Tujuan dari pengkodean scrambling adalah melakukan substitusi dengan aturan tertentu apabila dideteksi sejumlah level tegangan nol berderet panjang. Pada dasarnya teknik scrambling adalah pengkodean AMI dengan modifikasi apabila dideteksi level tegangan nol berderet panjang. 
Jaringan Komputer Scrambling



EmoticonEmoticon