Sunday, November 22, 2015

Linux - Bash Shell Script

Tags

Pengertian Bash Shell
Bash adalah singkatan dari Bourne Again Shell, versi baru dari Bourne Shell yang dikembangkan oleh Steve Bourne. Bash ini adalah shell yang paling umum digunakan pengguna Linux. Shell adalah program yang menjadi jembatan antara perintah yang dimasukkan user melalui input dari keyboard dengan sistem operasi untuk melakukan perintah yang dimasukkan user tersebut. Sekarang ini, program seperti shell ini sudah tergantikan oleh user interface yang lebih mudah digunakan.

Pemrograman bash shell itu sendiri adalah pemrograman kumpulan perintah menggunakan script yang ditulis ke dalam bash shell, sehingga nantinya dapat dieksekusi oleh sistem operasi. Selain bash shell, ada banyak shell lainnya yang bisa digunakan untuk programming, namun penggunaan bash lebih fleksibel karena script yang ditulis lebih kompatibel untuk dibaca dari mesin yang berbeda, distro linux yang berbeda , atau bahkan sistem operasi yang berbeda. Pemrograman menggunakan shell terutama bash shell berkembang terus sampai sekarang karena penggunaannya di kalangan system administrator sangat dibutuhkan.

Konsep Bash Shell
Konsep kerja dari pemrograman bash shell hampir mirip dengan bahasa pemrograman lainnya. Pemrograman bash shell juga menggabungkan perintah-perintah untuk memilih suatu kondisi, memproses suatu I/O, looping, dan membuat fungsi-fungsi yang dapat dijalankan user. Konsep pemrograman bash shell ini akan mudah dipelajari apabila kita sudah mengetahui perintah-perintah sederhana yang ada di bash shell seperti whoami, cd, cat, dan lainnya. Dengan penguasaan perintah-perintah sederhana ini, pemrograman bash shell akan membuat pekerjaan user menjadi lebih efektif. Hal penting yang harus diketahui sebelum menggunakan pemrograman bash shell adalah konsep mengenai variabel, format syntax dan struktur di dalam pemrograman bash shell itu sendiri.

Cara Penggunaan Bash Shell
1. Masuk ke terminal.
2. Login sebagai root (tidak juga tetap bisa). 
3. Buat file dengan format .sh pada direktori yang diinginkan. (disini menggunakan folder bashshell)
Linux Create Bash Shell
vi         : untuk membuka editor yang akan digunakan untuk menuliskan script.
              (bisa juga menggunakan perintah nano/vim)
hello    : nama file
.sh        : format data standard yang digunakan dalam bash programming 

4. Tekan key Insert terlebih dahulu sebelum menuliskan script pada editor. 
Contoh script menampilkan kata "Praktikum Sistem Operasi"
Linux Script Bash Shell
5. Setelah selesai menuliskan script, tekan key Esc untuk keluar dari editor lalu masukkan mode yang diinginkan. Ada beberapa mode yang dapat dilakukan saat akan keluar dari editor:
:q         keluar editor. Jika ada perubahan, maka akan muncul peringatan
:q!        keluar editor tanpa menyimpan perubahan
:wq      keluar editor dengan menyimpan perubahan yang dilakukan

6. Setelah menyimpan perubahan dengan perintah :wq ubah dulu mode dari script agar bisa dieksekusi dengan perintah chmod, jalankan script dengan perintah ./namafile, seperti terlihat dibawah ini
Linux Permission Bash Shell
 Linux Output Bash Shell

Terima kasih
Enjoy your day !



EmoticonEmoticon