Sunday, March 20, 2016

Jaringan Komputer - Data Link Layer (Go-Back-N Protocol)

Tags

Pengertian dari Go-Back-N Protocol di Jaringan Komputer.

Go-Back-N Protocol
Go-Back-N ARQ adalah contoh khusus dari protokol automatic repeat request (ARQ), di mana proses pengiriman terus mengirimkan sejumlah frame ditentukan oleh ukuran jendela bahkan tanpa menerima acknowledgement (ACK) paket dari penerima. Ini adalah kasus khusus dari umum protokol sliding window dengan mengirimkan ukuran jendela N dan menerima ukuran jendela 1.

Proses penerima melacak nomor urutan frame berikutnya mengharapkan untuk menerima, dan mengirimkan nomor yang dengan setiap ACK yang dikirimkan. Penerima akan mengabaikan setiap frame yang tidak memiliki nomor urutan yang tepat itu mengharapkan, apakah frame yang merupakan "masa lalu" duplikat dari bingkai itu sudah ACK'ed  atau apakah frame yang merupakan "masa depan" bingkai masa lalu paket terakhir itu sedang menunggu. Setelah pengirim telah mengirimkan semua frame di jendela, itu akan mendeteksi bahwa seluruh frame frame yang hilang sejak pertama beredar, dan akan kembali ke nomor urutan ACK terakhir yang diterima dari proses penerima dan isi jendela dimulai dengan bingkai tersebut dan melanjutkan proses lagi.

Go-Back-N ARQ adalah efisien lebih banyak menggunakan koneksi dari Stop-and-wait ARQ , karena tidak seperti menunggu sebuah pengakuan untuk setiap paket, koneksi masih digunakan sebagai paket yang sedang dikirim. Dengan kata lain, selama waktu yang seharusnya dapat dihabiskan menunggu, lebih banyak paket yang sedang dikirim. Namun, metode ini juga hasil dalam bingkai mengirimkan beberapa kali, jika frame apapun telah hilang atau rusak, atau ACK yang mengakui mereka hilang atau rusak, maka frame dan semua frame berikut di jendela (bahkan jika mereka telah diterima tanpa kesalahan) akankembali dikirim. Untuk menghindari hal ini, Selective Repeat ARQ dapat digunakan.

Design Go-Back-N
Design Go-Back-N


Send Window Go-back-N
Send Window Go-back-N


Contoh Go-back-N
Go-back-N
Go-back-N


Kesimpulan dari pengertian di atas,”Pada Go-back-N ARQ, beberapa frame dikirimkan oleh sender kepada receiver. Jika sender tidak menerima ACK (error) untuk frame tertentu dari receiver, retransmission secara berurutan dimulai dari frame tersebut.”



EmoticonEmoticon