Tuesday, November 21, 2017

Pengertian CodeIgniter : Kelebihan dan Kekurangannya


Siapa yang tak kenal dengan CodeIgniter? Framework PHP yang satu ini bisa dibilang framework yang paling populer di Indonesia. CodeIgniter pertama kali dikembangkan pada tahun 2006 oleh Rick Ellis, seorang musisi rock yang beralih profesi menjadi programmer, dalam riset kecil-kecilannya Rick Ellis menghasilkan suatu framework PHP yang berukuran kecil, ringan serta memenuhi fitur umum aplikasi PHP. Namun pada bulan Oktober 2014, kepemilikan CodeIgniter berpindah tangan kepada British Columbia Institute of Technology, salah satu sekolah tinggi teknologi di Kanada.

CodeIgniter adalah sebuah framework PHP yang bersifat open source. CodeIgniter bersifat free alias tidak berbayar dan di buat dengan tujuan sama seperti framework lainnya yaitu untuk memudahkan developer atau programmer dalam membangun sebuah aplikasi berbasis web tanpa harus membuat nya dari awal. CodeIgniter dibangun berbasis MVC (Model, View, Controller) yang memisahkan antara tampilan dan logic aplikasi.

Model View Controller CodeIgniter
Model View Controller CodeIgniter

1. Model
Model merupakan bagian penanganan yang berhubungan dengan pengolahan atau manipulasi database. Seperti create, read, update atau delete. semua intruksi yang berhubung dengan pengolahan database di letakkan di dalam Model.
2. View
View merupakan bagian yang menangani halaman user interface atau halaman yang muncul pada user. Tampilan dari user interface di kumpulkan pada View untuk memisahkannya dengan Controller dan Model sehingga memudahkan web designer dalam melakukan pengembangan tampilan halaman website.
3. Controller
Controller merupakan bagian yang mengatur hubungan antara Model dan View. Controller adalah otak dari kinerja aplikasi. Controller terdiri dari fungsi-fungsi yang bersifat operasional dan logikal. Saat ada request yang masuk, Controller akan menangani dan memprosesnya untuk kemudian ditampilkan dalam View.


Kelebihan CodeIgniter
1. Berukuran sangat kecil.
2. Dokumentasi yang bagus.
3. Kompitabilitas dengan Hosting.
4. Tidak ada aturan coding yang ketat.
5. Kinerja yang baik.
6. Kemudahan dalam menggunakannya.


Kekurangan CodeIgniter
1. CodeIgniter tidak ditujukan untuk pembuatan web dengan skala besar.
2. Library yang sangat terbatas.
3. Belum adanya aplikasi editor khusus untuk CodeIgniter.


Sekian pembahasan tentang Pengertian CodeIgniter : Kelebihan dan Kekurangannya.

Terima kasih
Enjoy your day!



EmoticonEmoticon